Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 02 Februari 2013

Fakta tentang pelangi

Gara-gara aku kehujanan sama adikku, aku jadi kepikiran buat ngeposting fakta tentang pelangi..
emang deh, ciptaan Tuhan yang satu ini emang paling top deh bagusnya..




 
#Fakta unik mengenai pelangi  1 ~
Pelangi didefinisikan sebagai barisan warna yang terbentuk karena pantulan dan pembiasan dari sinar matahari di dalam air hujan.
Salah satu penampakan pelangi.
#Fakta unik mengenai pelangi 2 ~
Kita dapat melihat pelangi karena cahaya dibiaskan ketika dari medium udara melewati medium air hujan. Warna cahaya matahari yang digabungkan adalah putih, tetapi ketika dibiaskan akan menjadi berbagai warna.
Beginilah kira-kira skema pembiasannya.
#Fakta unik mengenai pelangi 3 ~
Bila anda melihat pelangi, dapat dipastikan kemungkinan besar saat itu hujan, lalu matahari berada di belakang anda dan hujan di depan sehingga pusat busur pelangi berada tepat di seberang/berlawanan dengan matahari.
Walaupun menurut aku gambar ini hoax/rekayasa, gambar ini bisa membuktikan bahwa pelangi terbentuk karena  air hujan.
#Fakta unik mengenai pelangi 4 ~
Walaupun terlihat seperti busur, bentuk pelangi sebenarnya adalah bulat secara penuh.
Seperti inilah bentuk pelangi yang sebenarnya.
#Fakta unik mengenai pelangi 5 ~
MeJiKuHiBiNiU 
adalah akronim yang biasa dipakai orang Indonesia untuk menghafal warna pada pelangi. Sedangkan orang barat menggunakan akronim  
RoyGBiv 
RedOrangeYellowGreenBlueIndigoViolet.

#Fakta unik mengenai pelangi 6 ~
Sebenarnya warna pelangi bukanlah 7 itu saja, melainkan seluruh warna yang ada di dunia. Tetapi mata kita tak sanggup membedakannya.
Macam-macam warna yang ada.

#Fakta unik mengenai pelangi 7 ~
Sudut pembiasan cahaya untuk menciptakan pelangi adalah sekitar 42 derajat ke mata pengamat.

#Fakta unik mengenai pelangi 8 ~
Pernakah anda mendengar cerita apabila seseorang mencapai ujung pelangi yang menempel di tanah maka akan menemukan sekotak emas disana?
Ayolah, lupakan saja dongeng kanak-kanak itu, karena berdasarkan fakta nomor 7, pelangi seakan-akan bergerak menjauh sesuai jarak kita apabila kita bergerak ke arah pelangi tadi.
#Fakta unik mengenai pelangi 9 ~~
Sebetulnya setiap orang melihat pelangi secara persepsi mereka sendiri. Jadi, ketika anda melihat pelangi, orang di sebelah anda akan melihat pelangi dari pantulan cahaya air hujan yang berbeda. Selain itu warna pelangi bisa berbeda-beda setiap orang tergantung bagaimana mata mereka menafsirkannya.

#Fakta unik mengenai pelangi 10 ~
Pelangi sangatlah baik bila dipandang dari ilmu Feng Shui. Pelangi memiliki energi positif yang dapat menenangkan pikiran serta mempunyai daya penyehatan.


Aku rasa hal itu memang benar adanya. Dengan melihat pelangi pikiran kita akan menjadi lebih rileks. Coba buka google dan masukkan kata kunci "pelangi" lihatlah gambar pelangi-pelangi yang muncul. Aku yakin pikiran anda akan tenang sesaat mengagumi indahnya pelangi tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar